Fakta Unik

Informasi Realita yang Nyentrik

Saturday, January 16, 2016

Kenapa Nyamuk Suka Berdengung di Telinga?

Fakta Unik - Suara nyamuk berdengung di telinga sering kali membuat kita menjadi merasa kesal. Ketika sedang tidur bahkan terjaga sekalipun nyamuk tetap berdengung di telinga dan mengerumuni sekitar kepala kita. Kenapa nyamuk tidak berdengung atau berkerumun di tempat lain, misalkan tangan atau kaki kita? Mungkinkah kita tidak mendengar ketika mereka berdengung di area selain telinga? Bisa jadi itu adalah salah satu jawabannya. Akan tetapi selain hal tersebut ada penjelasan yang lebih ilmiah yang akan kami jelaskan disini.

nyamuk-berdengung-di-telinga

Kenapa Nyamuk Suka Berdengung di Telinga?

Alasan pertama kenapa nyamuk suka berdengung di telinga dan berkerumun di sekitar kepala adalah karena nyamuk sangat menyenangi aroma yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat di area kepala. Jadi selain telinga, keringat yang dikeluarkan kepala dan berada di sela-sela rambut mengeluarkan aroma yang kemudian memancing gerombolan nyamuk-nyamuk yang sedang konvoi berkumpul untuk kopdar disana.

Cara untuk membuktikan hal di atas sangatlah mudah, ketika cuaca panas atau suhu ruangan panas dan badan kita gerah kulit kepala juga gerah dan berkeringat pasti nyamuk-nyamuk akan berseliweran di sekeliling kepala Anda dan berdengung disekitar telinga, hal tersebut akan lebih mudah di buktikan jika Anda tidak mandi terutama setelah olahraga dan berkeringat. Demikian sebaliknya, nyamuk tidak akan  mengerumuni kepala Anda jika suhu rungan dingin atau ber-AC, ketika rambut dan kepala Anda wangi karena di keramas, dan juga jika rumah dan daerah tempat Anda tinggal tidak ada nyamuk *wew* :D. Yang terakhir itu adalah cara terbaik mencegah nyamuk berdengung di kepala, *hehe*.

Kemudian alasan kedua kenapa nyamuk suka sekali berdengung di telinga adalah dikarenakan telinga memiliki suhu paling panas dan konstan dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Itu disebabkan karena membran timpani memiliki jarak sangat dekat dengan hipotalamus dan darah di arteri karotis internal dan eksternal, sebuah pembuluh darah yang memberikan suplai hipotalamus dan juga membran timpani.

Seperti dijelaskan di atas bahwa nyamuk sangat menyukai suhu panas, maka ketika mereka sedang bermigrasi secara rombongan besar-besaran dan menemukan suhu panas di sekitar telinga maka kemudian mereka akan berkumpul di area kepala dan berdengung di telinga Anda.

Nah jelas sudah sekarang alasan kenapa nyamuk suka berdengung di telinga. Semoga artikel ini dapat mengobati rasa penasaran Anda. 

0 Komentar Kenapa Nyamuk Suka Berdengung di Telinga?

Post a Comment

Back To Top