Fakta Unik

Informasi Realita yang Nyentrik

Sunday, February 8, 2015

Kopi Tahlil Kopi Unik Asli Pekalongan

Fakta Unik - Halo masgan piye kabarmu? Kopi Tahlil nama itu kini mulai memasuki belantara Jakarta yang sesak penuh berjejalan motor dan mobil mewah di jalanan. Kopi Tahlil namanya unik seperti nama acara pengajian umat Islam. Kopi unik ini berasal dari Kota Pekalongan, sebagai orang Pekalongan asli saya merasa ketinggalan karena baru mengetahuinya 3 tahun terakhir ini. Karna konon kabarnya Kopi Tahlil ini sudah lama ada di Pekalongan bahkan kini di Jakarta juga sudah ada. Mungkin yang membawa nya anak Pekalongan atau pernah ke Pekalongan.

kopi tahlil

Asal usul Kopi Tahlil awalnya adalah sebagai hidangan ketika ada acara Tahlilan yang di adakan oleh warga Pekalongan yang kerabat atau anak nya meninggal. Dengan seiring waktu berjalan muncul ide-ide dari anak muda Pekalongan untuk menjajakan kopi unik ini sebagai konsumsi publik. Kopi Tahlil adalah seduhan kopi yang di beri rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, serai, pandan, pala dan kapulaga. Rempah-rempah tersebut dikeprek dan direbus kurang lebih 2 jam, dengan diberi campuran gula merah. Rempah dicampurkan ke Kopi Tahlil ketika diseduh. Harga Kopi Tahlil terakhir saya beli hanya Rp. 1,500 dan jika ingin ditambahkan susu menjadi Rp. 2,500.

kopi tahlil pekalongan
Karena campuran rempahnya tersebut dengan meminum Kopi Tahlil ini badan yang pegal-pegal akan menjadi fresh kembali. Minum Kopi Tahlil paling enak di padu dengan ngemil ketan rebus campur parutan kelapa atau kinca. Hmm sambil menikmati malam yang teduh di Kota Pekalongan bakalan tambah seru minum Kopi Tahlin bareng teman-teman yang lama engga ketemu. Biasanya kan para perantau pulang satu tahun sekali pas momen lebaran jadi tambah asik.

Kedai Kopi Tahlil banyak di pinggir jalan Kota Pekalongan tapi kalau mau yang ramai ada di Alun-alun Pekalongan, kelilingin aja alun-alun nya pasti bakalan ketemu itu kedai Kopi Tahlil. Kebanyakan kedai lesehan, dan penikmatnya sekarang kalangan anak muda yang suka nongkrong-nongkrong. Sekali datang bisa 5 sampai 10 orang. Sambil bawa laptop dan browsing-browsing atau sekedar numpang nampang sambil ngopi Tahlil hehe... Kata mereka sih kopi gaul anak Pekalongan. Yowes selamat jalan-jalan di Kota Pekalongan ya, jangan lupa sruputan pertama pas Kopi Tahlilnya masih panas, sruuuuupuuutttt nyoss. Fakta Unik Kopi Tahlil Pekalongan.

0 Komentar Kopi Tahlil Kopi Unik Asli Pekalongan

Post a Comment

Back To Top